July 6, 2020

Apakah banjir Jakarta 2020 adalah yang terburuk?

Beberapa wilayah di lima wilayah Jakarta telah dilanda banjir sejak Rabu (1/1/2020). Badan Meteorologi dan Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengungkapkan bahwa Jakarta dan banjirnya disebabkan oleh curah hujan yang ekstrem. Gaya hidup sehat

Berdasarkan hasil pemantauan BMKG di Pangkalan Udara Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Pangkalan Udara Jakarta Timur, curah hujan mencapai 377 milimeter.

Kemudian, dari hasil pengukuran di Taman Mini, sebelah timur Jakarta, curah hujan tercatat 335 milimeter.
Angka ini adalah curah hujan tertinggi yang melanda Jakarta, dengan rekor sebelumnya pada 2007 dengan rekor 340 milimeter per hari.

Akibat banjir, 31.323 penduduk dari 158 desa mengungsi karena rumah mereka terendam banjir.
Banjir tidak hanya di daerah pemukiman yang terendam, tetapi juga jalan Protokol Jakarta. Beberapa angkutan umum dari Transjakarta, KRL, ke penerbangan ke Bandara Halim Perdanakusuma juga harus dibatalkan karena banjir. Banjir juga menyebabkan pemadaman listrik oleh PLN. Distribusi PLN Jakarta Raya mendistribusikan listrik di 724 wilayah banjir di Jakarta. Jakarta dan banjir di sekitarnya juga merenggut nyawa. Amati Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB); Ada 16 korban tewas hingga Kamis (02/01/2020).

Jadi, benarkah banjir Jakarta awal 2020 adalah banjir terburuk?
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta DKI Subejo Subejo mengatakan bahwa banjir pada awal tahun 2020 belum dapat dianggap sebagai banjir terburuk. “Anda tidak bisa mengatakan itu yang terburuk karena harus dievaluasi dulu,” kata Subejo ketika menghubungi Kompas.com, Kamis. Subejo mengatakan banjir Jakarta terjadi kemarin karena hujan lebat. Hujan paling ekstrem terjadi di Halim, timur Jakarta.
“Alasannya antara lain karena intensitas dan volume curah hujan tinggi, bahkan di beberapa daerah yang cukup ekstrim. Volume ekstrem kemarin di wilayah Halim,” katanya. Banjir Jakarta, lanjut Subejo, juga disebabkan oleh periode meluap. “Ada juga luapan sungai di hulu, juga hujan dengan intensitas sangat tinggi,” jelas Subejo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *