August 12, 2022

BATAN membutuhkan 20 hari untuk memersihkan Radioaktif di Tangsel

Penemuan radioaktif di lahan kosong di Perumahan BATAN Indah, Serpong, Tangerang Selatan, membuat Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) bergerak. Gaya hidup sehat

Kepala Kantor Urusan Hukum, Hubungan Masyarakat, dan Kerjasama BATAN, Heru Umbara, mengatakan kantornya segera membersihkan situs yang terekspos.

Heru mengatakan upaya pembersihan memakan waktu hingga 20 hari dari 12 Februari 2020.

“Tapi itu harus dinyatakan bersih sebelum 20 hari,” kata Heru dalam keterangannya, Sabtu (15/2).

Heru menjelaskan bahwa upaya pembersihan yang dilakukan oleh BATAN adalah untuk mengambil sumber dari expander yang memancarkan radiasi di atas ambang batas dan mengambil semua vegetasi dan tanah untuk pengujian.

“Dari hasil remediasi, ditemukan bahwa bahan yang menyebabkan paparan radiasi dicampur dengan tanah. Hasilnya saat ini sedang dianalisis di laboratorium BATAN,” katanya.

Upaya perbaikan, kata Heru, adalah langkah pencegahan yang diterapkan untuk menyelamatkan masyarakat dan lingkungan dari paparan radiasi. Sejak pembersihan, vegetasi dan tanah telah ditambahkan ke 52 drum dengan kapasitas 100 liter.

Setelah dibersihkan, ada pengurangan 30% dalam paparan radiasi dari 149 mikro-saringan per jam. Verifikasi akhir dilakukan pada Sabtu pagi, ketika paparan radiasi turun menjadi 98,9 microsieverts per jam.

“Proses pembersihan akan berlanjut sampai daerah itu benar-benar bersih dan membahayakan warga dan lingkungan,” jelasnya.

Heru mengimbau, masyarakat tidak perlu panik karena kecelakaan ini.

“Warga harus melakukan aktivitas seperti biasa, asalkan mereka tidak memasuki area yang ditandai terkontaminasi. Paparan radiasi ini jika ditangani dengan benar tidak akan membahayakan keselamatan warga,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.