September 24, 2021

During Emergency PPKM, Jakarta is Targeted to Conduct 120,000 Tests per Day

Pemerintah telah resmi menerapkan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat (PPKM) untuk mengakhiri penyebaran Covid-19.

PPKM darurat akan diterapkan di Jawa dan Bali mulai 3 hingga 20 Juli 2021. Artinya, wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) juga akan menerapkan kebijakan tersebut. Berita politik

Dalam dokumen resmi PPKM darurat yang diterima dari Kompas.com, disebutkan bahwa pemerintah akan memperketat pengujian atau testing Covid-19.

Read More: Head of BEM UI Strongly Criticizes Hacking Attempts Against Management

Di wilayah yang sama dengan DKI Jakarta, target tes 120.000 orang per hari.

“Pengujian harus ditingkatkan menjadi minimal 1/1000 populasi per minggu. Pengujian harus ditingkatkan hingga tingkat positifnya kurang dari 5 persen,” kata dokumen itu. Berita hari ini

Tingkat kepositifan Covid-19 di Jakarta sendiri telah mencapai lebih dari 25% dalam beberapa pekan terakhir, jauh dari ambang batas keamanan 5% yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO.

Hingga Rabu (30/6/2021), jumlah kumulatif kasus Covid-19 di Jakarta mencapai 543.468 kasus.
Sedangkan pasien sembuh mencapai 464.963, 3.504 lebih banyak dari kemarin.

Kasus aktif atau dalam perawatan/isolasi berjumlah 70.039, meningkat 4.116 dibandingkan hari sebelumnya.

Angka kematian juga terus meningkat, hari ini 60 pasien Covid-19 meninggal dunia. Korban tewas akibat Covid-19 di Jakarta sejauh ini tercatat 8.486 orang. Berita Terkini

Upaya yang dilakukan untuk mengurangi tingkat penyebaran

Dalam konferensi persnya, Kamis (1/7/2021), Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan darurat PPKM akan semakin membatasi berbagai aktivitas masyarakat.

Presiden menunjuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan sebagai koordinator PPKM siklus Jawa-Bali. Vitamin dan Suplemen

“Saya meminta masyarakat untuk disiplin dalam mematuhi peraturan ini demi keselamatan kita semua,” kata Jokowi.

Pemerintah, kata Jokowi, akan mengerahkan seluruh sumber daya yang ada untuk menangkal penyebaran Covid-19, mulai dari TNI, Polri, Aparatur Sipil Negara, dokter dan tenaga kesehatan.

Ia juga meminta Kementerian Kesehatan terus meningkatkan fasilitas rumah sakit, fasilitas isolasi terpusat, ketersediaan obat-obatan, alat kesehatan, dan tabung oksigen.

“Saya mengimbau seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap tenang dan waspada, mematuhi peraturan yang ada, disiplin dalam penerapan protokol kesehatan, dan mendukung kerja aparat pemerintah dan relawan dalam menangani pandemi Covid-19 ini,” kata Jokowi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *