November 30, 2020

Jawa, Madura, dan Bali BBM Premium Akan Dihapus Mulai Januari 2021

Bahan bakar premium yang dijual PT Pertamina (Persero) seharusnya sudah habis mulai 1 Januari 2021. Daerah yang akan melaksanakan penghapusan BBM Premium mulai di Jawa, Madura, dan Bali (Jamali). Setelah itu dilanjutkan ke tempat lain di Indonesia.

Pernyataan ini pertama kali dilontarkan oleh Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK Karliansyah dalam debat virtual yang disiarkan oleh Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) di YouTube, Jumat (13/11). Berita Terkini

Saat dikonfirmasi, Karliansyah menjelaskan rencana penghapusan BBM Premium berawal dari informasi yang disampaikan oleh COO PT Pertamina International Refinery (KPI) Djoko Priyono.

“Ini pernyataan Chief Operating Officer KPI mulai 1 Januari 2021, Premi akan diganti Pertalite mulai Jamali dan berlanjut ke daerah lain secara bertahap,” kata Karliansyah saat dihubungi Kumparan, Minggu (15/11). )
BBM Premium memiliki peringkat oktan atau RON 88 atau berada di kelas Euro 2. Sedangkan menurut Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.20 Tahun 2017, Indonesia sudah harus mengadopsi kendaraan dengan standar BBM Euro 4 sejak 10 Maret 2017. Berita hari ini

Bahan bakar yang memenuhi standar Euro 4 adalah bensin dengan RON lebih besar dari 91 dan kandungan sulfur maksimum 50 ppm. Untuk produk solar, minimal cetane number (CN) 51 dan kandungan sulfur maksimal 50 ppm. Berita politik

Read More: Habib Rizieq akan meminta maaf setelah kembali ke Indonesia

Pada produk Pertamina, BBM yang dibawah RON 91 adalah Pertalite dengan RON 90, Premium RON 88 dan Solar yang memiliki Cetane Number (CN) 48. Jika kita patuhi aturan tersebut maka Premium, Pertalite dan Solar tidak memenuhi standar karena masih di bawah Euro 4.

Dikonfirmasi terkait penghapusan BBM Premium awal tahun depan, Interim Vice President Corporate Communication Pertamina Heppy Wulansari mengatakan, kebijakan distribusi Premium merupakan kewenangan pemerintah. Pertamina, kata dia, akan mendistribusikan selama ada penugasan. Vitamin dan Suplemen

“Pertamina terus mengedukasi konsumen tentang penggunaan bahan bakar yang ramah lingkungan dan bahan bakar yang unggul. Bahan bakar dengan RON yang lebih tinggi akan berdampak positif pada mesin kendaraan dan udara yang lebih bersih, ”ujarnya kepada Kumparan.

Selain edukasi, Pertamina juga menawarkan insentif berupa promosi BBM agar konsumen termotivasi untuk mencoba bahan bakar yang lebih berkualitas dan merasakan dampaknya pada mesin kendaraan, termasuk melalui Program Langit Biru (PLB).

“Saat ini PLB sudah beroperasi di 45 kantor / kota seperti Serang, Bogor, Depok, Tangsel, Sukabumi, Palembang, dll. Hingga akhir tahun diharapkan sudah ada 85 daerah, ”ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *