July 6, 2020

Karena Virus Corona, Nadiem Makarim Siap untuk menunda Ujian Nasional

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim, mendukung keputusan beberapa pemerintah daerah (Pemda) untuk menutup kegiatan belajar mengajar selama 14 hari untuk mencegah penyebaran virus corona. Gaya hidup sehat

“Dampak dari penyebaran COVID-19 akan berbeda dari satu daerah ke daerah lain. Kami siap mendukung kebijakan (liburan sekolah) yang diadopsi oleh pemerintah daerah. Keselamatan siswa dan guru dan staf pendidikan sangat penting,” katanya. Nadiem, dikutip oleh Antara pada hari Minggu. (15/3).

Selain mendukung kebijakan pemerintah daerah untuk sementara memberhentikan kegiatan belajar mengajar di sekolah, Nadiem juga siap untuk mendukung pelaksanaan penundaan Ujian Nasional (UN) bila diperlukan.

Tidak ada yang mengungkapkan bahwa penundaan UN akan dilakukan untuk memastikan keselamatan semua penghuni sekolah. Diharapkan juga untuk meminimalkan penyebaran virus korona.

Beberapa lembaga pendidikan mengambil langkah-langkah untuk mengatasi penyebaran coronavirus di lingkungan pendidikan mereka, seperti menerapkan kegiatan pembelajaran online.

Sehubungan dengan ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menghargai langkah proaktif yang dilakukan di semua lini pemerintah daerah dan mitra di sektor swasta.

“Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan siap dengan semua skenario, termasuk aplikasi kerja sama untuk mendorong pembelajaran online (jaringan) untuk siswa,” kata Nobody.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kata Nobody, juga mengembangkan portal dan aplikasi pembelajaran jarak jauh berbasis Android: Rumah Belajar. Portal Rumah Belajar dapat diakses di learning.kemdikbud.go.id.

Aplikasi Rumah Belajar yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dapat digunakan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah (SMP), Sekolah Menengah / Sekolah Profesional (SMA / SMK) atau setara .

Baik siswa dan guru dapat mengakses sejumlah fungsi yang dapat digunakan dalam aplikasi ini. Sejumlah fitur yang dapat digunakan adalah sumber belajar, kelas digital, laboratorium virtual, dan bank soal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *