July 5, 2020

Menghitung kesempatan Timnas untuk lolos

Menghitung kesempatan Timnas U-23 Indonesia untuk lolos ke Semifinal

Tim Nasional Indoensia (TimNas)
Tim Nasional Indonesia (TimNas)

Timnas Indonesia berhasil kembali ke perebutan / persaingan untuk lolos pada Grup B Sea Games 2019 setelah menang besar atas Brunei 8-0 di babak keempat dari grup B tim SEA sepak bola di 2019, Minggu (01/12/19). Menghadapi tim terlemah DI Grup B, Timnas U-23 Indonesia tampaknya mendominasi pertandingan dari awal. Timnas Indonesia U-23 bermain menyerang dari awal pertandingan.

Hasil akhir anak-anak asuh Sjafri Indra menang dengan skor telak 8-0. Striker Persebaya, Osvaldo Haay menjadi bintang dengan mencetak hattrick di pertandingan ini. Kemenangan telak menjadi penting bagi Timnas Indonesia U-23. Karena, selain delapan gol, Indonesia memiliki selisih gol melebihi milik Thailand. Indonesia telah berhasil menembus peringkat kedua pada klasemen sementara dengan mengoleksi 9 poin dengan memiliki selisih gol 10. Sementara Thailand yang juga menang 2-0 atas Laos jatuh ke posisi ketiga dengan selisih gol sebanyak 11 dan mengoleksi 9 poin. Sementara itu, Vietnam bertengger di puncak dengan 12 poin. Indonesia, Vietnam dan Thailand masih dalam kompetisi untuk berebut dua tiket ke semifinal di pertandingan terakhir. Pertandingan terakhir Timnas U-23 akan melawan Laos sementara Thailand akan menantang Vietnam pada Kamis (05/11/19).

Timnas mencetak gol
Timnas mencetak gol

Untuk memastikan Indonesia lolos ke Semifinal SEA Games 2019, ada beberapa skenario yang bisa dilakukan oleh Timnas Indonesia. Skenario pertama, Indonesia perlu menang atas Laos. Tidak hanya kemenangan biasa, Indonesia harus mencetak gol cukup banyak.

Karena babak Grup SEA Games menggunakan sistem perhitungan pada selisih gol untuk menentukan posisi di peringkat. Jika Thailand bisa mengalahkan Vietnam dan Indonesia berhasil memetic kemenangan atas Laos, maka selisih gol jadi penentu. Saat ini, Indonesia memiliki selisih +11 gol, +13 untuk Vietnam dan Thailand +10. Untuk mengamankan posisi runner-up, kesempatan bagi Indonesia cukup besar. Oleh karena itu, lawan Indonesia, Laos, di atas kertas jauh lebih mudah daripada yang akan dihadapi oleh Thailand, yaitu pemilik puncak klasemen Vietnam. Sebuah kemenangan 2-0 atas Laos cukup aman untuk meloloskan Indonesia ke semifinal SEA Games 2019.

Timnas Vs Laos
Timnas Vs Laos

Selain skenario di atas, ada skenario lain yang lebih mudah untuk Tim Nasional Indonesia U-23. Indonesia hanya cukup memetic hasil imbang atas Laos asalkan di pertandingan lain yaitu Vietnam dan Thailand harus juga bermain dengan hasil imbang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *