July 6, 2020

Penyebab banjir di Indonesia dan kebakaran di Australia, apa itu krisis iklim?

Indonesia berada di tengah bencana. Beberapa daerah, termasuk Jabodetabek, baru saja pulih dari banjir. Namun tidak hanya Indonesia, negara tetangga Australia juga terkena dampak bencana. Gaya hidup sehat

Gurun, tanah kering, dan kondisi cuaca ekstrem menjadikan Kangaroo Country identik dengan kebakaran hutan. Namun, kebakaran hutan kali ini dianggap lebih buruk dari sebelumnya.

Kebakaran hutan dianggap sebagai yang terburuk dalam sejarah Australia pada awal 2020. Hingga saat ini, sekitar 15 orang telah tewas. Ratusan rumah hancur dan jutaan tanah terbakar. New South Wales adalah provinsi yang paling terkena dampak kebakaran.

Apakah bencana alam ini terkait dengan perubahan iklim dan pemanasan global? Hal ini dikonfirmasi oleh dr. Dodo Gunawan, DEA, untuk mengepalai Pusat Informasi Perubahan Iklim BMKG.

“Ya, kondisi ekstrem di semua bagian dunia ada hubungannya dengan perubahan iklim. Kondisi yang kita hadapi saat ini adalah efek dari krisis iklim,” kata Dodo. Apa itu krisis iklim? Dodo mengatakan krisis iklim terjadi jika kita saat ini tidak dapat mencapai tujuan perjanjian Paris.

“Untuk mengurangi laju peningkatan emisi gas rumah kaca, yang menyebabkan suhu terus naik di atas 2 derajat,” katanya.

Memang, lanjut Dodo, ambisi Perjanjian Paris untuk mengurangi laju kenaikan suhu di bawah 2 derajat. Lebih ambisius lagi, yaitu di bawah 1,5 derajat.

“Dan itu harus dilaksanakan melalui masing-masing negara, Ditentukan Kontribusi Nasional (NDC),” tambahnya. Jadi apa yang harus kita lakukan tentang krisis iklim?

Krisis iklim yang kita hadapi sekarang berdampak pada kehidupan dan bencana. Menurut Dodo, dalam menghadapi krisis iklim ini, kita harus mengatasi masalah mendasar yang menyebabkan perubahan iklim. “Dalam menghadapi perubahan kondisi dan perubahan iklim yang telah berubah dan akan terus berubah, kita perlu beradaptasi,” kata Dodo.

Sementara itu, katanya, langkah-langkah mitigasi harus diambil untuk menghentikan atau mengurangi perubahan iklim. “Langkah-langkah untuk mengurangi emisi gas rumah kaca yang menyebabkan perubahan iklim perlu dikurangi,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *