September 29, 2020

Virus Corona yang Bikin Heboh Dunia

Akhir-akhir ini, komunitas dunia telah dikejutkan oleh momok misterius di Tiongkok. Setelah identifikasi, virus dengan gejala mirip pneumonia diidentifikasi sebagai virus korona. Virus korona seperti SARS yang misterius menyebar ke Cina dan menyebabkan sensasi di seluruh dunia. Virus ini telah menginfeksi lebih dari 201 orang di Wuhan, Beijing dan Shenzhen. Itu tidak termasuk dua orang di Thailand dan satu di Jepang. Semuanya dinyatakan positif terkena virus yang menyebabkan pneumonia: empat di antaranya meninggal. Gaya hidup sehat

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengkonfirmasi bahwa penyakit yang menyebar ke Wuhan berasal dari virus dengan struktur genetik yang belum pernah diketahui sebelumnya. Virus ini memasuki keluarga mahkota yang membesar, menyebabkan pilek biasa menjadi pilek berat seperti SARS (sindrom pernafasan akut yang parah).

Virus Corona adalah jenis virus yang menyebabkan wabah SARS di dunia pada tahun 2003. Virus ini awalnya diidentifikasi menyebar di wilayah Wuhan di Cina pada akhir 2019 dan sejauh ini terus menyebar ke negara-negara lain seperti Jepang, Korea Selatan dan Thailand.

Semua orang yang telah positif terinfeksi virus mahkota di negara-negara ini telah terdaftar untuk melakukan perjalanan ke Wuhan sebelum timbulnya gejala. Awalnya, para ahli mengatakan bahwa penyakit ini tidak dapat menular antar manusia, meskipun mekanisme penularannya tidak diketahui secara pasti. Namun, sekarang ada fakta baru tentang penyebaran virus ini.

Munculnya penyakit misterius di daerah Wuhan Cina telah membuat banyak orang khawatir. Karena selain penampilannya yang cepat dan tiba-tiba, penyakit ini belum diketahui penyebabnya dan bagaimana cara menyembuhkannya. Orang yang terinfeksi dikatakan menunjukkan berbagai gejala yang mirip dengan pneumonia, yaitu sesak napas, batuk, demam, dan penyakit pernapasan lainnya.

Setelah diselidiki, epidemi itu disebabkan oleh virus korona, virus yang masih tipe dengan penyebab SARS dan sindrom pernapasan Timur Tengah (MERS). Hanya saja virus korona yang menyebar ke Wuhan memiliki karakteristik yang berbeda dari virus korona yang diidentifikasi lainnya. Virus ini adalah jenis mahkota baru.

Karena masih baru, para ahli tidak tahu pola penularan penyakit ini dengan sangat baik. Awalnya, dikatakan bahwa virus korona tidak menular di antara manusia dan hanya bisa ditularkan dari hewan ke manusia. Namun baru-baru ini, para ilmuwan telah menemukan fakta baru, yang ternyata penyakit ini dapat menyebar di antara manusia.

Fakta ini terungkap setelah seorang pasien baru terinfeksi virus mahkota, sementara dia belum pernah mengunjungi Wuhan sebelumnya. Dia mengalami penularan kerabat yang baru saja kembali dari daerah di mana wabah terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *