July 5, 2020

Wanita mendadak koma akibat menggunakan krim pemutih bermerkuri

Menggunakan krim whitetening
Menggunakan krim whitetening

Seorang wanita Sacramento koma karena dia menggunakan krim pemutih wajah selama bertahun-tahun. Krim pemutih wajah yang ia gunakan mengandung bahan-bahan berbahaya. Gaya hidup sehat

Menurut Washington Post, wanita berusia 47 tahun itu tiba di ruang gawat darurat dengan keluhan mati rasa di tangan dan kakinya, kelemahan dalam bahasa dan kesulitan berjalan. Namun, wanita itu tidak mengalami stroke atau serangan jantung.

Staf medis juga mengalami kesulitan mengidentifikasi penyakit wanita itu. Sampai akhirnya wanita itu koma.

Setelah penelitian, wanita itu ditemukan diracun oleh merkuri oleh krim pemutih yang dia gunakan. Menteri Kesehatan Sacramento Olivia Kasirye mengatakan krim wajah wanita itu mengandung methylmercury.

Kandungan metil merkuri adalah jenis merkuri yang sangat beracun. Keracunan merkuri krim wajah ini adalah yang pertama kali terjadi di Amerika Serikat.

Sebagai akibat dari insiden ini, Kasirye mendesak masyarakat untuk berhenti menggunakan krim wajah yang mengandung methylmercury atau methylmercury pada remaja dan dewasa.

Paparan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terhadap metilmerkuri di kulit dapat memengaruhi sistem pusat dan periferal dengan gejala seperti tremor, kehilangan ingatan, disfungsi kognitif dan motorik.

WHO dan Pan American Health Organisation melaporkan pada tahun 2017 bahwa merkuri digunakan dalam krim pemutih wajah karena dapat menekan melanin, yang mengurangi hiperpigmentasi yang memudar, bekas jerawat, dan warna kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *